Pemetaan KD Kelas 6 SD Tahun Pelajaran 2018/2019

Pemetaan KD Kelas 6 SD Tahun Pelajaran 2018/2019

Tujuan dari pembuatan Pemetaan KD adalah sebagai berikut:
1. Untuk mempermudah guru dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik
2. Untuk mempermudah pembuatan soal evaluasi.
3. Untuk mempermudah pembuatan kisi-kisi soal.
4. Serta mempermudah menganalisis soal.
Pada Kesempatan ini, File Guru Now akan berbagi kepada bapak/ibu guru yang mengajar di sekolah Dasar mengenai Pemetaan KD Kelas 5 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 Kurikulum 2013  Revisi 2018 yang didukung atau didampingi oleh administrasi lain dalam penyusunannya diantaranya terdiri dari: 
- Program Tahunan ( PROTA ) 
- Proram Semester ( PROMES ) 
- Silabus

Pemetaan KD Kelas 6 SD Tahun Pelajaran 2018/2019

Berikut sebagian Deskripsi Pemetaan KD Kelas 6 SD Tahun Pelajaran 2018/2019:
1. PKn
1.1 bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1 menganalisis penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.
4.1 menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
1.3 mensyukuri keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
2.3 bersikap toleran dalam keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika
3.3 menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.
4.3 mengampanyekan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi.
1.4 mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4 Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

2. Bahasa Indonesia
3.1 menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1 menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
3.2 menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.
4.2 menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
3.4 menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 memaparkan informasi penting dari buku sejarah dengan menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta kosa kata baku dan kalimat efektif.
3.6 mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.)
4.6 mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya.

3. Matematika
3.3 menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah dan/atau bilangan pecahan dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
4.3 menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah dan/atau bilangan pecahan dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
3.4 menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring.
4.4 mengidentifikasi titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring.
3.5 menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran.
4.5 menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah.
3.6 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
4.6 Mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya.
4.7 Mengidentifikasi bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya

4. IPA
3.1 membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
4.1 menyajikan karya perkembangbiakan tumbuhan.
3.3 menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber
3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana.
4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel.
3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik.
4.6 menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik.

3.1 mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1 menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
3.2 menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.
4.2 menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.
3.3 menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.
4.3 menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.
3.4 memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.4 menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

5. SBDP
3.1 memahami reklame.
4.1 membuat reklame.
3.2 memahami interval nada.
4.2 memainkan interval nada melalui lagu dan alat musik.
3.3 memahami penampilan tari kreasi daerah.
4.3 menampilkan tari kreasi daerah.
3.4 memahami patung.
4.4 membuat patung.
4.4 membuat karya seni rupa daerah.

6. PJOK
3.2 memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.
4.2 mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.
3.3 memahami variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
4.3 mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
3.4 menerapkan prosedur variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif untuk membentuk gerak dasar seni beladiri.
4.4 mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif untuk membentuk gerak dasar seni beladiri.
3.5 memahami latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkatkebugaran jasmani pribadi secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelenturan tungkai).
4.5 mempratikkan latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani pribadi secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelenturan tungkai).
3.7 memahami penggunaan variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.

4.7 mempraktikkan penggunaan variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.

Untuk lenbih Lengkapnya, langsung saja download Pemetaan KD Kelas 6 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 K-13  Revisi 2018 di bawah ini.

Unduh ) Pemetaan KD Kelas 6 SD Tahun Pelajaran 2018/2019

Semoga file Pemetaan KD Kelas 6 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 K-13  Revisi 2018 ini, dapat membantu bapak/ibu dalam kegiatan belajar mengajar di sekolahnya. 
Sekian dan Terimakasih ...,
Jangan Lupa Share *)

Comments