Pemetaan KD Kelas 5 SD Tahun Pelajaran 2018/2019
Tujuan dari pembuatan Pemetaan KD adalah sebagai berikut:
1. Untuk mempermudah guru dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik
2. Untuk mempermudah pembuatan soal evaluasi.
3. Untuk mempermudah pembuatan kisi-kisi soal.
4. Serta mempermudah menganalisis soal.
Pada Kesempatan ini, File Guru Now akan berbagi kepada bapak/ibu guru yang mengajar di sekolah Dasar mengenai Pemetaan KD Kelas 5 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang didukung atau didampingi oleh administrasi lain dalam penyusunannya diantaranya terdiri dari:
- Program Tahunan ( PROTA )
- Proram Semester ( PROMES )
- Silabus
1. Untuk mempermudah guru dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik
2. Untuk mempermudah pembuatan soal evaluasi.
3. Untuk mempermudah pembuatan kisi-kisi soal.
4. Serta mempermudah menganalisis soal.
Pada Kesempatan ini, File Guru Now akan berbagi kepada bapak/ibu guru yang mengajar di sekolah Dasar mengenai Pemetaan KD Kelas 5 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang didukung atau didampingi oleh administrasi lain dalam penyusunannya diantaranya terdiri dari:
- Program Tahunan ( PROTA )
- Proram Semester ( PROMES )
- Silabus
Pemetaan KD Kelas 5 SD Tahun Pelajaran 2018/2019
Berikut sebagian Deskripsi Pemetaan KD Kelas 5 SD Tahun Pelajaran 2018/2019:
1. PKn
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
1.3 Mensyukuri keberagaman sosial budaya masayarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial budaya masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
3.3 Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat.
4.3 Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat.
1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya.
3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup.
4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan.
2. Bahasa Indonesia
3.1 menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
3.2 mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.2 menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku.
3.4 menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.
4.4 memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual.
3.6 menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6 melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
3.7 menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.
4.7 menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
3. IPA
3.1 menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan.
3.2 memahami organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia.
4.2 membuat model sederhana organ pernapasan manusia.
3.3 menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia.
4.3 menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia.
3.4 menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia.
4.4 menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia.
3.5 menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar.
4.5 membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem.
4. IPS
3.1 mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1 menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
3.3 menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.
4.3 menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.
3.2 menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia.
4.2 menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia.
5. SBDP
3.1 memahami gambar cerita.
4.1 membuat gambar cerita.
3.2 memahami tangga nada.
4.2 menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik.
3.3 memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah.
4.3 mempraktekkan pola lantai dalam tari kreasi daerah.
3.4 memahami karya seni rupa daerah.
4.4 membuat karya seni rupa daerah.
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
1.3 Mensyukuri keberagaman sosial budaya masayarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial budaya masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
3.3 Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat.
4.3 Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat.
1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya.
3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup.
4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan.
2. Bahasa Indonesia
3.1 menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
3.2 mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.2 menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku.
3.4 menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.
4.4 memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual.
3.6 menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6 melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
3.7 menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.
4.7 menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
3. IPA
3.1 menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan.
3.2 memahami organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia.
4.2 membuat model sederhana organ pernapasan manusia.
3.3 menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia.
4.3 menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia.
3.4 menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia.
4.4 menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia.
3.5 menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar.
4.5 membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem.
4. IPS
3.1 mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1 menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
3.3 menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.
4.3 menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.
3.2 menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia.
4.2 menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia.
5. SBDP
3.1 memahami gambar cerita.
4.1 membuat gambar cerita.
3.2 memahami tangga nada.
4.2 menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik.
3.3 memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah.
4.3 mempraktekkan pola lantai dalam tari kreasi daerah.
3.4 memahami karya seni rupa daerah.
4.4 membuat karya seni rupa daerah.
Untuk lenbih Lengkapnya, langsung saja download Pemetaan KD Kelas 5 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 K-13 Revisi 2018 di bawah ini.
( Unduh ) Pemetaan KD Kelas 5 SD Tahun Pelajaran 2018/2019
Semoga file Pemetaan KD Kelas 5 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 K-13 Revisi 2018 ini, dapat membantu bapak/ibu dalam kegiatan belajar mengajar di sekolahnya.
Sekian dan Terimakasih ...,
Jangan Lupa Share *)
Comments